Selasa, 15 Maret 2011

Berada di Pertemuan 3 Lempeng & 6 Patahan, Manado Rawan Gempa Irwan Nugroho - detikNews

Selasa, 15/03/2011 16:55 WIB
Berada di Pertemuan 3 Lempeng & 6 Patahan, Manado Rawan Gempa 

Jakarta - Wilayah Manado, Sulawesi Utara (Sulut), sangat rawan dengan bencana gempa bumi dan gelombang tsunami. Manado terletak di pertemuan 3 lempeng dan 6 patahan aktif.

Gubernur Sulut, Sinyo Sarundajang mengatakan, ketiga lempeng itu adalah Indoaustralia, eurasia, serta Pasifik. Lempeng Indoaustralia bergerak ke utara, menyusup ke lempeng eurasia.

"Sedangkan lempeng pasifik bergerak ke barat. Terdapat pula 6 patahan aktif," kata Sinyo dalam pembukaan ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DiREx) 2011 di Manado, Selasa (15/3/2011).

"Realitas ini yang menyebabkan wilayah di sini rawan bencana gempa bumi, tanah longsor, banjir dan tsunami," lanjut dia.

Menurut Sinyo, penyelenggaraan latihan bersama penanggulangan gempa dan tsunami di bumi nyiur melambai menjadi sangat berarti. ARF-DiREx juga menjadi media untuk menguji prosedur baku penanganan bencana yang dipunyai Manado.

ARF-DiREx yang dibuka oleh Wakil Presiden Boediono ini diikuti oleh kurang lebih 26 peserta dari anggota ARF dan Uni Eropa. Dalam acara pembukaan tersebut ditampilkan berbagai atraksi regu penyelamatan dan kapal militer dari luar negeri.

Selain itu, Wapres juga meninjau ke dalam KRI Soeharso yang disiapsiagakan secara penuh apabila terjadi bencana. Selama kurang lebih 30 menit Wapres meninjau kapal tersebut ditemani beberapa delegasi ARF. Ia kembali lagi ke dermaga dalam cuaca yang sedikit buruk.

0 komentar:

Posting Komentar