Senin, 14 Maret 2011

10 tip pemecahan masalah paling umum untuk ponsel cerdas BlackBerry dan BlackBerry Desktop Manager

Lingkungan

  • BlackBerry® Desktop Manager
  • Ponsel cerdas BlackBerry


Ringkasan

Gunakan artikel ini untuk mencoba mengatasi masalah yang melibatkan atau berhubungan dengan ponsel cerdas BlackBerry, sebelum meminta bantuan dari layanan dukungan teknis penyedia layanan nirkabel Anda.
Tip pemecahan masalah
  1. Periksa kekuatan sinyal
  2. Lakukan penyetelan ulang paksa
  3. Periksa setelan jaringan
  4. Daftarkan ponsel cerdas BlackBerry pada jaringan nirkabel
  5. Periksa koneksi ponsel cerdas BlackBerry ke komputer
  6. Konfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa menerima pesan email
  7. Konfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa mengirim pesan email
  8. Periksa adanya buku layanan
  9. Akses aplikasi Bantuan BlackBerry
  10. Cari di Pusat Solusi Teknis BlackBerry
Tip 1 - Periksa kekuatan sinyal
Kekuatan sinyal yang memadai diperlukan untuk mengirim dan menerima informasi nirkabel.
  1. Hidupkan ponsel cerdas BlackBerry.
  2. Pada layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik ikon Opsi kemudian klik Status.
  3. Di bidang Sinyal, pastikan nilainya antara -40 -100 DBMS. Untuk instruksi mengenai penggantian indikator kekuatan sinyal, lihadant KB02142.

Tip 2 - Lakukan penyetelan ulang paksa
Untuk instruksi, lihat KB02141.

Tip 3 - Periksa setelan jaringan
Setelan jaringan yang sesuai diperlukan untuk mengirim dan menerima informasi dari ponsel cerdas BlackBerry ke jaringan nirkabel.
  1. Pada layar Awal, klik ikon Kelola Koneksi kemudian klik Opsi Jaringan Seluler.
  2. Jika bidang Mode Pilihan Jaringan disetel ke Manual, pindai jaringan yang ada secara manual. Untuk instruksi, lihat KB02516.

Tip 4 - Daftarkan ponsel cerdas BlackBerry pada jaringan nirkabel
Untuk instruksi, lihat KB00510.
Jika pendaftaran berhasil, Anda akan menerima pesan email pada ponsel cerdas BlackBerry yang menyatakan bahwa ponsel cerdas BlackBerry Anda telah terdaftar pada jaringan nirkabel.

Tip 5 - Periksa koneksi ponsel cerdas BlackBerry ke komputer
Periksa koneksi ponsel cerdas BlackBerry ke komputer untuk mengkonfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry terdeteksi oleh aplikasi BlackBerry Desktop Manager.
  1. Hubungkan ponsel cerdas BlackBerry ke komputer dengan menggunakan port USB.
  2. Jika ponsel cerdas BlackBerry tidak terdeteksi, tutup kemudian buka lagi BlackBerry Desktop Manager.
  3. Dalam BlackBerry Desktop Manager, klik menu Opsi kemudian klik Setelan Koneksi. PIN (Personal Identification Number/Nomor Identifikasi Pribadi) untuk ponsel cerdas BlackBerry Anda harus muncul dalam bidang koneksi.
  4. Klik Deteksi. Jika ponsel cerdas BlackBerry terhubung dengan benar, Anda akan menerima pesan yang menunjukkan bahwa perangkat USB ditemukan. Jika ponsel cerdas BlackBerry tidak terdeteksi, lihat KB11439.

Tip 6 - Konfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa menerima pesan email
Untuk mengonfirmasikan bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa menerima pesan email, kirim pesan email tes menggunakan klien email eksternal atau antarmuka web, seperti Microsoft® Outlook®, IBM® Lotus Notes®, atau Windows Live™ Hotmail®.
Kirim pesan email tes ke alamat email untuk akun yang telah dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry. Jika pesan email berhasil diterima oleh ponsel cerdas BlackBerry, Anda akan melihat pesan email baru dalam daftar pesan ponsel cerdas BlackBerry. Hal ini menunjukkan bahwa server kolaborasi dan pengiriman pesan* bisa memproses pesan email masuk dan meneruskannya ke ponsel cerdas BlackBerry.
*Tergantung pada lingkungan dan layanan BlackBerry yang sedang Anda gunakan pada ponsel cerdas BlackBerry, server kolaborasi dan pengiriman pesan mungkin berbeda. Misalnya
  • Lingkungan kantor: Ponsel cerdas BlackBerry bisa dipadukan dengan Microsoft® Exchange (server pengiriman pesan) dan BlackBerry® Enterprise Server (server kolaborasi).
  • Lingkungan prosumer: Ponsel cerdas BlackBerry bisa dipadukan dengan Windows Live Hotmail (server pengiriman pesan) dan akun BlackBerry® Internet Service (server kolaborasi).

Tip 7 - Konfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa mengirim pesan email
Untuk mengkonfirmasi bahwa ponsel cerdas BlackBerry bisa mengirim pesan email dan pesan PIN, kirim pesan email dari ponsel cerdas BlackBerry kembali ke ponsel cerdas BlackBerry, dan pesan PIN dari ponsel cerdas BlackBerry kembali ke ponsel cerdas BlackBerry. Untuk instruksi, lihat KB02913.
Pesan PIN yang berhasil dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry ke ponsel cerdas BlackBerry seharusnya menampilkan pesan PIN yang terkirim dalam daftar pesan ponsel cerdas BlackBerry dengan tanda centang dan D di sebelahnya dan pesan PIN yang diterima dalam daftar pesan ponsel cerdas BlackBerry dengan tanda centang dan D di sebelahnya. Tanda D menunjukkan bahwa pesan PIN telah dikirim ke nomor PIN yang ditentukan.
Pesan email yang berhasil dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry kembali ke ponsel cerdas BlackBerry, harus diterima dalam aplikasi email Anda seperti Microsoft Outlook, IBM Lotus Notes, atau Windows Live Hotmail. Server kolaborasi kemudian akan berupaya mengirim pesan email baru ke ponsel cerdas Blackberry Anda. Pesan email yang diterima seharusnya muncul dalam daftar pesan ponsel cerdas BlackBerry.

Tip 8 - Periksa adanya buku layanan
Buku layanan berisi informasi yang mengkonfigurasi cara ponsel cerdas BlackBerry berinteraksi dengan BlackBerry® Infrastructure. Buku layanan menghidupkan layanan tertentu untuk ponsel cerdas BlackBerry. Jenis buku layanan yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry Anda tergantung pada fitur yang disediakan oleh penyedia layanan nirkabel Anda dan jenis akun email yang dipadukan dengan ponsel cerdas BlackBerry. Bila mengirim pesan email dari ponsel cerdas BlackBerry, Anda harus mempunyai buku layanan yang bertanggung jawab terhadap jenis alamat email terpadu yang Anda gunakan untuk mengirim pesan email.
Untuk melihat buku layanan apa yang ada pada ponsel cerdas BlackBerry, klik ikon Opsi, kemudian klik Opsi Lanjutan, dan pilih Buku Layanan. Untuk informasi lainnya tentang buku layanan, lihat KB03151.
Untuk instruksi mengenai pengiriman buku layanan, lihat KB02830.

Tip 9 - Akses aplikasi Bantuan BlackBerry
Untuk mengakses informasi umum tentang cara menggunakan ponsel cerdas BlackBerry dan memecahkan masalah pada beberapa kejadian tertentu, gunakan aplikasi Bantuan ponsel cerdas BlackBerry.
Aplikasi Bantuan ponsel cerdas BlackBerry bisa diakses dengan beberapa cara berikut:
  • Pada layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik ikon Bantuan (?). Kemudian, klik Pemecahan Masalah dan pilih topik yang Anda inginkan untuk informasi lainnya.
  • Dalam aplikasi pada ponsel cerdas BlackBerry, tampilkan menu dan klik Bantuan. Untuk informasi lainnya, pilih topik Bantuan yang Anda inginkan.

Tip 10 - Cari di Pusat Solusi Teknis BlackBerry
Untuk masalah khusus dan tip pemecahan masalah, cari Pusat Solusi Teknis BlackBerry.

Informasi Tambahan

Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba tip pemecahan masalah ini, hubungi penyedia layanan nirkabel Anda.



Produk dan Layanan:

  • Perangkat BlackBerry®
  • BlackBerry® Desktop Software

0 komentar:

Posting Komentar