Selasa, 29 November 2011

Beda Desktop PC, Notebook dan Netbook

Sekarang banyaknya sekali berbagai pilihan bentuk dan jenis komputer tersedia, mulai dari harga yang relatif terjangkau hingga harga yang mahal. Banyaknya variasi ini disatu sisi menguntungkan karena memberikan banyak pilihan namun disisi lain bisa membuat para pengguna akhir atau pembeli kebingungan menentukan jenis komputer yang paling tepat yang bisa digunakan. Secara umum ada 3 varian komputer untuk bekerja yang umum digunakan, yaitu Desktop PC, Notebook dan Netbook.

Desktop PC, sesuai namanya adalah perangkat komputer yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor dan pheriperal lainnya. Desktop PC mudah dijumpai diberbagai perkantoran, kampus, warnet maupun rumah. Meski monitornya bisa berbentuk monitor CRT maupun LCD, desktop PC mudah dikenali karena CPU dan monitornya terpisah. Desktop PC biasa disebut sebagai PC biasa.


Notebook lebih dikenal sebagai laptop. Keuntungan utama dari Notebook adalah sifatnya yang mobile dan mudah dibawa. Sebagian Notebook juga memiliki kemampuan komputasi yang tinggi sehingga menjadi pengganti desktop PC yang bisa diandalkan. Sayangnya, harga Notebook relatif tinggi dan memiliki keterbatasan jumlah maksimal perangkat yang bisa ditambahkan. Sebagai contoh, desktop PC dapat memuat hingga 3 keping memori (RAM, Random Access Memory) namun sebagian besar laptop hanya menyediakan 1 atau paling banyak 2 buah slot untuk memori.


Netbook merupakan generasi terbaru dari Notebook namun berukuran lebih kecil dan umumnya memiliki daya komputasi lebih rendah daripada Notebook. Jika layar LCD pada Notebook rata-rata berukuran antara 12″-14″, layar Netbook umumnya berukuran 8″-10″. Netbook lebih ringan dan dan mudah dibawa karena bentuknya kecil dan tipis. Harga Netbook lebih murah dari Notebook karena spesifikasi Netbook lebih rendah. Selain spesifikasi yang lebih rendah, harga Netbook lebih rendah karena tidak menyertakan beberapa pheriperal yang umumnya disertakan pada Notebook, misalnya optical drive (CD/DVD ROM/RW).

0 komentar:

Posting Komentar